Gubernur Sulsel Sosialisasi Pergub Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

Redaksi

Thursday, 26 November 2020 | 14:06 Wita


RAGAM.ID, MAKASSAR — Dalam penaganan dan pengendalian pandemi Covid-19 Sulawesi-Selatan saat ini telah dikeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) dalam melakukan penataan dengan rapi dikoneksikan kepastian penanganan kesehatan dan kepastian penanganan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Peraturan Gubernur yang kita ingin lakukan adalah bagaimana memberikan edukasi pada seluruh komponen,” katanya.



Hal itu disampaikan dalam pengarahan pada pembukaan Pembukaan Sosialisasi Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Grand Asia di Jalan Boulevard Makassar, Rabu 25 November 2020. Kegiatan ini merupakan sosialisasi bagian dari Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan No.60 Tahun 2020.

Peraturan ini juga memberikan perlindungan kepada masyarakat dan untuk segera disosialisasikan. “Ini apa yang ada rambu-rambu dalam peraturan gubernur itu yang segera kita sampaikan kepada lingkungan kita, ke lingkungan masyarakat,” harapnya.

Edukasi sangat penting pada semua kompenen, termasuk paling dan harus disentuh adalah keluarga. Hal ini disampaikan pada sebuah seminar ketahanan keluarga di Universitas Hasanuddin (25/11).

“Saya ajukan konsep pedekatan biopsychosocial model, apa yang ingin kita sentuh adalah bahwa bio adalah kesehatan dan fisiknya, pysyco adalah kesehatan jiwanya dan social adalah interaksi kelompoknya. Jadi pendekatan sosiologis, antropologis dan psikilogis harus bersama-sama secara kesehatan kita akan kita tegakkan satu yang namanya disiplin,” sebutnya.

Sedangkan, Kasubag Program BPBD Provinsi Sulawesi Selatan, Warham A Yusni dalam laporannya menyebutkan, hadirnya stakeholder terkait merupakan wujud komitmen bersama dalam menyukseskan penyelenggaraan pedoman bencana yang terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh sesuai apa yang diamanahkan oleh undang-undang.

Ia menyampaikan bahwa sosialisasi ini hadir atas dasar pelaksanaan instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pedoman Teknis Penyusunan Peraturan Daerah Dalam Rangka Penerapan Disiplin dan Penegakan Protokol Kesahatan.

“Ini mengamanahkan bahwa gubernur, bupati dan wali kota untuk menetapkan peraturan kepala daerah terkait protokol kesehatan,” jelasnya.

Adapun tujuannya untuk menyebarkan luaskan dan mempublikasikan peraturan gubernur (Pergub) yang telah ditetapkan, sosialisasi diharapkan menjadikan Pergub ini efektif. Serta fungsi koordinasi antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dalam melakukan mitigasi bencana non-alam Covid-19 di Sulsel.(*)



BACA JUGA

SULSEL TODAY