KKN Tematik STIE AMKOP Bangkitkan Ekonomi Desa Ditengah Pandemi

Redaksi

Sunday, 6 September 2020 | 14:56 Wita


RAGAM.ID, MAKASSAR, — Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Amkop Makassar Bahtiar Maddatuang Melakukan kunjungan Kerja ke lokasi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik di Desa Salukanan, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Sabtu (05/09/2020)

Dengan mengusung tema program “Peningkatan Ekonomi Desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Sulawesi Selatan”, STIE AMKOP Makassar menempatkan mahasiswa dan Dosen Pembimbing untuk melakukan pendampingan dan melaksanakan kegiatan dalam rangka peningkatan ekonomi desa.

Ketua STIE AMKOP Makassar Bahtiar Maddatuang menyebutkan, salah satu alasan Desa Salukanan dijadikan sebagai target pelaksanaan program pengabdian karena Desa tersebut memiliki sumber daya alam yang begitu khas yakni Pulu’ Mandoti (Beras Ketan) yang menjadi ke-khasan desa tersebut.

“Selain Pulu’ Mandoti, desa Salukanan merupakan desa yang memiliki keunikan lain dalam hal panorama alam yang bisa dikelola sebagai destinasi wisata karena keunikan persawahannya”, ujar Bahtiar

Selain memaksimalkan potensi yang ada, KKN Tematik ini juga membuat kegiatan ekonomi baru untuk menambah potensi lain, seperti pemberdayaan BUMDes melalui budidaya ikan Nila dan tanaman Hidroponik. Hal ini dimaksudkan untuk memberi nilai tambah bagi BUMDes.



Ketua STIE Amkop Berharap agar program KKN Tematik yang diselenggarakan dapat memberikan pendampingan dan melatih dalam hal manjemen pengelolaan BUMDes agar dapat menambah Pendapatan desa dengan memanfaatkan potensi ekonomi lokal sehingga secara otomatis akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa.

“Program ini diharapkan dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi desa, apalagi di tengah pendemi wabah Covid-19 saat ini terjadi pelambatan ekonomi hampir menjangkau seluruh lapisan masyarakat”, Harapnya(*)



SULSEL TODAY