Virus Corona Mampu Bertahan Selama 20 Tahun, dalam Suhu Minus 20 Derajat

Redaksi

Friday, 3 July 2020 | 08:29 Wita


RAGAM.ID – Pandemi Covid-19 masih belum berakhir meskipun sejumlah negara sudah memulai tatanan hidup yang baru atau new normal. Meski begitu, selain berupaya menemukan vaksinnya, para peneliti terus mempelajari karakteristik dari virus corona.

Seperti dilakukan epidemiologi di China yang mempelajari karakter virus corona. Dia mengklaim bahwa virus corona dapat bertahan selama 20 tahun dalam suhu minus 20 derajat celcius.



Dikutip dari Sindonews.com, Profesor Li Lanjuan, anggota tim ahli COVID-19 China, juga memperingatkan orang-orang untuk tidak menyentuh daging atau ikan mentah untuk mencegah virus corona baru.

Dilansir Times Now News, pada pertemuan di Hangzhou, China Timur, pakar mengatakan bahwa virus itu tidak takut dingin, lapor China News yang dikelola pemerintah.

“Virus corona baru terutama tidak takut dingin. Virus ini dapat bertahan selama beberapa bulan dalam -4 derajat Celcius dan 20 tahun dalam minus 20 derajat Celcius,” kata pakar tersebut.

“Ini menjelaskan mengapa virus ini ditemukan beberapa kali di pasar makanan laut yang memiliki banyak makanan beku. Mungkin saja virus ditransportasikan ke berbagai negara,” tambahnya.

Oleh karena itu, pakar mendesak pemerintah China untuk memperkuat inspeksi produk makanan beku impor, seperti salmon untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut. Menurut sebuah laporan di ARY News, otoritas kesehatan telah memperkenalkan seperangkat pedoman antivirus baru untuk publik selama konferensi pers pada 20 Juni.

Peraturan tersebut termasuk merekomendasikan pekerja di tempat-tempat berisiko tinggi seperti pasar dan teater untuk mengenakan penutup wajah untuk mencegah penyebaran virus.(*)


Tags:

BACA JUGA

SULSEL TODAY