Produksi Vaksin Covid-19 Dalam Negeri Temui Titik Terang

Redaksi

Saturday, 25 July 2020 | 18:05 Wita


RAGAM.ID, JAKARTA – Upaya pemerintah memutus rantai penularan virus Corona akan menemui titik terang. Saat ini Indonesia sedang mengembangkan dan berupaya untuk menyelesaikan pembuatan vaksin Corona.

Vaksin ini rencananya akan diproduksi massal pertengahan tahun 2021.



Juru bicara satuan tugas penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito melaporkan kabar positif perkembangan vaksin virus Corona atau Covid-19 di Indonesia. Pembuatan vaksin itu, katanya tengah dikebut untuk diselesaikan.

Adapun vaksin Covid-19 buatan Indonesia telah dikembangkan oleh Lembaga Biologi Molekuler Eijkman bekerja sama dengan beberapa universitas negeri di Indonesia. Serta dua perusahaan kimia Indonesia yang telah bekerja sama dengan lembaga bioteknologi asing.

“Salah satunya antara Bio Farma dan Sinovac (perusahaan asal China) yang sekarang sedang uji klinis fase tiga dan diharapkan selesai dalam waktu yang memadai sehingga produksi langsung dilakukan,” katanya dalam konferensi pers digital, Jumat (25/7/2020).

“Selain Bio Farma ada juga rencana dengan pihak swasta, yaitu Kalbe Farma. Kita ingin produksi vaksin diproduksi perusahaan Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Selain itu, Wiku mengatakan bahwa pemerintah melalaui tim satgas membentuk tim pakar vaksin dan obat untuk memastikan kandidat vaksin yang dibuat sesuai untuk melindungi masyarakat Indonesia.

Ada tiga syarat agar vaksin virus Corona yang tengah dikembangkan itu bisa digunakan untuk manusia, yakni aman, tepat dan cepat.

Maksudnya aman adalah vaksin tersebut harus mampu memberikan perlindungan ke masyarakat dan tidak ada efek samping.

“Sementara tepat adalah vaksin bisa memberikan kekebalan spesifik untuk melindungi masyarakat dari virus Corona,” ujar Wiku.

Sementara cepat, karena kondisi yang dialami Indonesia maka pemerintah ingin cepat melindungi masyarakatnya. Caranya, mempercepat uji klinis.

“Sehingga vaksin bisa diproduksi dengan baik dan jumlah yang memadai. Kami betul-betul ingin bisa memberikan vaksin ke seluruh warga Indonesia,” kata dia.


Tags:

BACA JUGA

SULSEL TODAY