Pastikan Proyek Kereta Api Tetap Berlanjut, Gubernur Kaltim: Ada Banyak Investor yang Tertarik

Redaksi

Sunday, 5 July 2020 | 11:35 Wita


RAGAM.ID, BALIKPAPAN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) meyakini proyek pembangunan kereta api akan tetap berjalan meski pihak Rusia mengundurkan diri sebagai investor.

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor mengatakan, bahwa proyek pembangunan kereta api perdana di Pulau Kalimantan ini, akan kembali bergulir pada pertengahan bulan ini.



“Sedang dibahas berbagai kemungkinannya. Dan investor mana saja yang tertarik untuk proyek itu. Ada banyak investor yang tertarik,” katanya di Balikpapan.

Isran tidak menyebut siapa investor tersebut. Akan tetapi, perusahaan jasa konstruksi asal Tiongkok, China Railway Liuyuan Group Co, Ltd. dikabarkan berminat melanjutkan proyek strategis nasional di Benua Etam tersebut.

“Apabila nantinya Tiongkok jadi atau tertarik maka akan diberikan kemudahan pelayanan,” jelasnya.

Isran menuturkan bahwa apabila Rusia hanya membangun jalur untuk angkutan barang saja, Negeri Tirai Bambu bisa untuk multifungsi, seperti barang dan orang.

Isran berpendapat mundurnya Rusia di tengah jalan karena telah mengalkulasi kembali nilai investasi pembangunan dengan keuntungan yang didapat.

“Karena dia menghitung juga kan. Kalau misalnya hanya batu bara saja, mungkin investasinya susah kembali,” ucapnya.



BACA JUGA

SULSEL TODAY