Targetkan Pemeriksaan Massal, Soppeng Siapkan Bus Keliling untuk Tes Swab

Redaksi

Thursday, 14 May 2020 | 11:38 Wita


RAGAM.ID, SOPPENG – Pemerintah Kabupaten Soppeng memiliki bus keliling pelayanan uji swab untuk pasien diduga terinfeksi virus corona. Inovasi ini merupakan bagian dari cara daerah melakukan deteksi dini memutus mata rantai Covid-19.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, mengapresiasi terobosan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng. Langkah ini dinilai bisa menjadi pilot project untuk Sulsel.

“Kami memberi apresiasi besar kepada Pemkab Soppeng atas inovasinya ini,” kata Wagub Andi Sudirman di Kabupaten Soppeng, Sulsel, Rabu (13/5/2020).

Bus layanan uji swab ini nantinya akan berkeliling di delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Soppeng. Tujuannyua untuk melakukan uji sampel swab masyarakat secara massal.

Menurut Andi Sudirman, beberapa negara berhasil menekan penyebaran virus corona dengan cara memperbanyak tes setiap hari. Cara ini dipakai Korea Selatan dan Vietnam.



“Jika Soppeng melakukan hal yang sama dengan test swab, insya Allah akan ada perubahan signifikan dalam memutus rantai penyebaran corona di Soppeng,” ujarnya.

Dengan inovasi ini, Pemkab Soppeng optimistis bisa menuntaskan virus corona paling lambat Juli 2020 mendatang. Sebab ada dua fasilitas untuk uji PCR swab, yakni Balitbangkesda dan bus keliling.(*)


Tags:

BACA JUGA

SULSEL TODAY