Karena Keperluan Bisnis, Sejumlah Penerbangan Penumpang Peroleh Izin Mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin

Redaksi

Monday, 4 May 2020 | 05:50 Wita

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar

RAGAM.ID, MAKASSAR – Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, ternyata masih menerima penerbangan penumpang, meski Kota Makassar sedang menerapkan pembatasan sosial berskala besar dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Dari data flightradar di aplikasi android, tercatat ada sekitar 5 sampai 10 maskapai yang mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin International Airport.

Pihak Angkasa Pura pun membenarkan hal tersebut, dengan alasan bahwa penerbangan tersebut telah memperoleh izin dari Kementerian Perhubungan. Dengan alasan bisnis dan tugas penanganan Covid-19.

“Pasalnya, penumpang dari pesawat yang mendapat izin tersebut bukan untuk mudik, melainkan ada keperluan lain yang sangat penting, baik itu untuk keperluan bisnis dan keperluan tugas penanganan covid-19” Kata Iwan Risdianto, Relation Manager Angkasa Pura 1.

“Penumpang dari pesawat Ini, bukan untuk keperluan mudik namun ada keperluan urgent. Tentu diadakan juga pemeriksaan suhu tubuh menggunakan Thermal Gun oleh petugas KKP ketika tiba di Makassar,” Jelasnya.



Sebagaimana diketahui pada Minggu, (26/4), dua pesawat Wings Air dengan rute Sorong-Makassar, mendarat di Bandara Internasional Hasanuddin Makassar pada pukul 11.56 WITA. Kedua pesawat ini mengangkut puluhan pekerja/karyawan dari salah satu perusahaan di Kota Sorong, Papua.

Menurut Iwan, Angkasa Pura dan maskapai penerbangan mempunyai wewenang mengizinkan boleh atau tidaknya pesawat take off atau landing di bandara.

Sedangkan, terkait pembukaan bandara untuk digunakan dalam penerbangan, sepenuhnya tanggung jawab dari otoritas bandara.

Meski begitu pihaknya tetap mengikuti aturan Menteri Perhubungan terkait larangan penerbangan untuk penumpang domestik dan internasional.

“Jika ada pesawat yang terlihat masih beroperasi, itu adalah pesawat angkutan cargo,” Tutupnya(*)



BACA JUGA

SULSEL TODAY