Gerak Cepat, Gugus Covid-19 Sulsel Salurkan APD di 11 Rumah Sakit

Andrew Kresna

Wednesday, 25 March 2020 | 12:28 Wita


Ragam.id, MAKASSAR, Gugus tugas yang dibentuk Gubernur Sulsel dan seluruh Forkompinda di Hotel Four Point by Sheraton, Senin 16 Maret 2020 lalu terus melakukan gerak cepat untuk mencegah penularan virus corona 2019 atau Covid-19. 

Kali ini gugus pencegahan Covid-19 Sulsel menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 2000. Adapun 2000 APD ini masing-masing dibagikan di 11 Rumah Sakit se-Sulsel. 

APD ini merupakan bantuan langsung dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan didistribusikan Gugus Pencegahan Covid-19 Sulsel ke 11 RS di atas. 

Adapun 11 RS tersebut antara lain RST Pelamonia, RSUP Wahidin Sudirohusodo, RSUD Maros, RS UNHAS, RS. DR Tajudin, RS. Labuan Baji, RSU Sinjai, RSU Laki Padada Toraja, RST Parepare dan RS Bhayargkara. 

Sementara untuk wilayah Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara sendiri ada tiga RS untuk penyaluran APD yakni RSUD Mamuju, RST Kendari dan RSU Bahteramas. Sedangkan untuk cadangan untuk sementara disimpan di gudang Kesdam sebanyak 5 koli atau 250 pcs serta di gudang Dinkes 3 koli atau 150 pcs. 



Gubernur Sulsel, Prof H.M Nurdin Abdullah menyampaikan, sebanyak 2.000 APD langsung didistribusikan masing-masing RS rujukan Covid-19 di Sulsel. 

“Alhamdulillah, hari ini telah tiba Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 2000 buah dan langsung dibagikan ke sejumlah rumah sakit rujukan Covid19 di wilayah Sulawesi Selatan,” ungkapnya. 

Dia memastikan distribusi APD ini ditangani langsung petugas medis, jajaran Pemprov Sulsel, anggota TNI-Polri yang turut membantu sebagai bentuk kolaborasi untuk mencegah penularan Covid-19 ini. 

“Semoga dengan adanya APD ini dapat memudahkan kerja para Petugas Medis kita, dan kita doakan semoga mereka semua diberikan kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas mulia ini,” harapnya. 

Sebelumnya, Nurdin mengaku, pembentukan Gugus Pencegahan Covid-19 ini sebagai upaya percepatan penanganan virus mematikan ini. 

“Kita bentuk gugus tugas pencegahan virus Corona. Kalau di pusat di ketuai oleh kepala BNPB. Kalau Sulawesi Selatan kami minta Kepala BPBD dan dibantu oleh Kepala Dinas Kesehatan dan beberapa OPD terkait,” katanya belum lama ini. 

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan yang juga Jubir Gugus Pencegahan Covid-19 Sulsel, M. Ichsan Mustari mengaku, penyerahan APD tersebut sudah sesuai dengan alokasi yang telah ditentukan. 

“Ini sudah sesuai alokasi yang ada. Penyerahan secara simbolis kepada RS Pelamonia, RS Bhayangkara, RS Wahidin dan Dinas Kesehatan Provinsi,” kata Ichsan Mustari saat dihubungi, melalui WhatsAppnya, Rabu, 25 Maret 2020.

Ichsan Mustari menjelaskan, dengan meningkatnya jumlah penularan Covid-19 ini, diharapkan seluruh masyarakat khususnya di Sulsel betul-betul disiplin dengan melakukan isolasi diri dan mematuhi seluruh anjuran pemerintah setempat maupun pemerintah pusat. 

“Bertambahnya ODP, PDP dan hasil positif Covid-19 memberi gambaran bahwa kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat harus ditingkatkan dengan melakukan isolasi diri di rumah, dan harus sangat membatasi diri keluar rumah. Rantai penularan harus diputus,” pungkasnya(*)

 

 

(Syarullah)



BACA JUGA

SULSEL TODAY