BREAKING NEWS : Wagub Hadiri Rakor Covid-19, Sulsel Akan Miliki Drone Pendeteksi Suhu Tubuh.

Redaksi

Saturday, 28 March 2020 | 15:52 Wita


MAKASSAR, Rapat koordinasi gugus tugas percepatan penanganan Virus Corona (Covid-19) Provinsi Sulawesi Selatan dipimpin langsung oleh Ketua gugus tugas Pangdam XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka.

Rakor tersebut di laksanakan di Balai Jendral Yusuf, Makassar, Sabtu (28/3/2020) yang dihadiri oleh Forkopinda Se Sulawesi Selatan.

Balai Jendral Yusuf ini akan di jadikan pusat Koordinasi Percepatan penanganan Virus Corona (Covid-19) di Sulawesi Selatan.

“Saat ini, dibutuhkan laporan harian dari Kabupaten/Kota di Sulsel,” ungkap Andi Sudirman Sulaiman.

“Laporan tersebut berisi tentang kondisi kasus Corona yang ada di tiap Kabupaten/Kota, data yang detail hingga kebutuhan mereka,” sambungnya.



Ia juga menyampaikan bahwa dibutuhkan tim penanganan yang bekerja secara masif.

“Dibutuhkan tim yang masih, yang hadir langsung kemasyarakat melakukan edukasi, terutama di wilayah perbatasan, perlu masyarakat diingatkan jika ada yang datang dari luar daerah, perlu di terapkan sel karantina atau isolasi mandiri, sehingga nantinya terbagi ke dalam beberapa tim, mungkin terdiri dari tim isolasi, karantina, sampel, dan penjemputan,” jelasnya.

Diperlukan pemetaan wilayah-wilayah diseluruh Kabupaten/Kota, sehingga Sulsel punya peta besar penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Ketua gugus tugas percepatan penanganan Virus Corona (Covid-19), Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka menyampaikan bahwa Sulsel telah memesan Drone pendeteksi suhu tubuh.

“Nanti di hari senin kita akan dilengkapi satu alat yang nanti di tempatkan di unit pencegahan, drone ini dilengkapi dengan alat deteksi dini, dan dapat melihat suhu tubuh dsri udara, sehingga masyarakat dapat terpantau,” ungkapnya.

“Hari ini sengaja kami mendatangkan forkopinda disini, tempat ini menjadi posko inti dari semua informasi yang ada terkait Covid-19 di Sulsel,” lanjutnya.

Struktur organisasi gugus tugas penanganan telah dibentuk terdiri, Ketua gugus yaitu Pangdam XIV Hasanuddin, dan Wakil gugus Wakapolda Sulawesi Selatan. Yang terbagiĀ  beberapa unit, unit penindakan dan oeringatan dini, unit sterilisasi, unit penegakan disiplin, unit deteksi awal.



SULSEL TODAY