Puluhan Ketua RT/RW Gabung di Barisan Pemenangan None-Zunnun

Redaksi

Monday, 14 September 2020 | 19:30 Wita


RAGAM.ID, MAKASSAR – Puluhan Ketua RT/RW datang ke Rumah Perjuangan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun di Jalan Mapala, Minggu malam, 13 September 2020. Mereka menyatakan kesiapannya berada di barisan pemenangan pasangan yang diusung tiga parpol ini, pada Pilwali Makassar, Desember mendatang.

Kedatangan puluhan Ketua RT/RW ini disambut positif oleh None – sapaan akrab Irman Yasin Limpo. Iapun langsung mempresentasikan sejumlah program yang akan dilaksanakan, jika terpilih sebagai Wali Kota Makassar.



None menjelaskan, sudah saatnya dilakukan downsizing pemerintahan ke tingkat RT. Ada pelimpahan sejumlah kewenangan ke tingkat RT, untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Salah satunya, untuk pengurusan administrasi kependudukan, dan sejumlah perizinan.

“Kita akan buat, pelayanan administrasi kependudukan tidak lebih satu kilometer dari rumah pemohonnya. Dimana itu? Di rumah Ketua RT. Untuk urusan KTP, KK, Akte Kelahiran, SITU, SIUP, TDP, cukup di Ketua RT,” jelasnya.

Karena adanya pelimpahan kewenangan, lanjut None, maka Ketua RT akan dibekali sejumlah fasilitas. Diantaranya, sepeda listrik sebagai kendaraan operasional, dan tablet untuk memudahkan kerja-kerja para Ketua RT. Tidak hanya itu, para Ketua RT juga akan diberikan gaji sesuai standar Upah Minimum Regional (UMR).

“Tidak boleh ada yang bekerja melayani masyarakat, tapi tidak digaji sesuai UMR. Itu artinya, pemerintah melanggar komitmen yang dibuat sendiri,” terangnya.

Adik Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ini juga menambahkan, pelimpahan kewenangan ke tingkat RT, juga akan disertai dengan biaya pembangunan. Besarannya, mulai Rp 15 juta hingga Rp 150 juta.

“Jadi kalau cuma memperbaiki paving blok atau gorong-gorong, tidak perlu menunggu musrembang. Langsung saja perbaiki, kan ada uang di Ketua RT,” imbuhnya.

Sementara, salah seorang Ketua RT yang hadir, langsung mencoba sepeda listrik yang nantinya akan menjadi kendaraan operasional jika None terpilih sebagai Wali Kota Makassar. Begitupun dengan tablet, yang nantinya akan disiapkan. “Ini sangat luar biasa, ide-ide Pak None sangat hebat,” pujinya. (*)


Tags:

BACA JUGA

SULSEL TODAY