AGH Sanusi Baco Dapat Penghargaan Prestasi Pancasila

Redaksi

Sunday, 23 August 2020 | 15:12 Wita

AGH Sanusi Baco

RAGAM.ID, MAKASSAR – Ulama kharismatik Sulsel, AGH Sanusi Baco (83) baru saja dianugerahi penghargaan Prestasi Pancasila.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel ini menjadi salah satu di 75 penerima Apresiasi Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2020 dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP ).

Penghargaan merupakan ganjaran atas kontribusi besarnya dalam mewujudkan perdamaian dan kerukunan umat beragama di Tanah Air.

Ia pun menghaturkan terima kasih kepada BPIP atas penghargaan dianugerahkan kepada dirinya.

Apresiasi Ikon Prestasi Pancasila sebagai sebuah nikmat dari Allah SWT dan tanda dirinya dinilai telah memberi manfaat kepada sesama manusia.



“Penghargaan diberikan adalah sebuah nikmat dari-Nya. itu berarti saya telah memberikan manfaat kepada sesama manusia di dalam membina manusia sesuai ‘Khairunnasi ahsanuhum khuluqan wa anfa’uhum linnasi’, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat kepada sesamanya.” ucapnya dikutip dari Tribun-timur.com, Minggu (23/8/2020).

Beliau mengajak kepada masyarakat menjaga ideologi Pancasila.

“Sila pertama Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Saya mengajak kepada masyarakat berdoa, jadikanlah agama pengawas dan pengawal dalam aktivitas dalam membangun bangsa ini. Pembangunan tanpa moral dan agama berpotensi membawa malapetaka kemanusiaan,” lanjutnya

Diketahui, kategori ini, ada 7 orang dan komunitas menerima penghargaan.

Selain AGH Sanusi Baco, 6 orang dan komunitas lainnya, yakni (1) KH Husein Muhammad, tokoh ulama, pendiri Fahmina Institute dan pejuang kesetaraan-keadilan gender; (2) Pdt SAE Nababan, tokoh agama Kristen; (3)Romo Franz Magnis Suseno, tokoh agama Katolik; (4)Bhikkhini Santiri Theri, tokoh agama Budha; (5)Pdd Dr Drs I Wayan Miartha M Ag, tokoh agama Hindu; dan (6) Komunitas Jakatarub atau Jaringan Kerjasama Antar Umat Beragama di Bandung.



BACA JUGA

SULSEL TODAY