Susah Sinyal, Siswa Ini Gunakan HT Bersekolah

Redaksi

Friday, 31 July 2020 | 11:19 Wita


RAGAM.ID, SUMBAWA – Tak semua daerah di Indonesia dapat melaksanakan kegiatan belajar jarak jauh secara optimal. Lantaran ada keterbatasan teknologi.

Di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat misalnya, berbagai macam kendala dari mulai akses jaringan internet yang belum merata, hingga kondisi sosial ekonomi, membuat kegiatan belajar jarak jauh terhambat.



Pembelajaran melalui radio bisa menjadi alternatif agar semua siswa dapat mengikuti kegiatan belajar-mengajar jarak jauh dengan baik.

Mengutip website Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Sumbawa, salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran melalui radio adalah SD Punik di desa Punik, Kecamatan Batulanteh, Kabupaten Sumbawa.

Para siswa melaksanakan kegiatan belajar, dan diskusi dengan menggunakan handy talky (HT) yang dihubungkan dengan perangkat radio komunikasi melaui Frekuesi RAPI 14.320.0.

Siswa dan siswi SMPN 3 Satap, Kecamatan Batulanteh, Kabupaten Sumbawa juga demikian. Dengan modal Rp200-300 ribu, mereka bisa ‘on air’ belajar daring tanpa kuota.



BACA JUGA

SULSEL TODAY