Menko PMK, Wagub Sulsel, Dan Bupati Lutra Duduk Bersama Bahas Percepatan Penanganan Bencana Banjir Bandang

Redaksi

Friday, 31 July 2020 | 22:48 Wita


RAGAM.ID, MASAMBA — Rapat Kordinasi Percepatan penanganan bencana banjir bandang Luwu Utara digelar di Aula Kantor Bupati, Jumat (31/7/2020).

Agenda tersebut merupakan rangkaian kunjungan kerja Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI,  Muhadjir Effendy bersama Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Luwu Utara.

Sebelumnya, rombongan Menko PMK dan Wagub Sulsel mengunjungi lokasi pengungsian di Kapuna dan Radda.

Sebagai laporan awal, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyampaikan kondisi pasca banjir bandang.

“Akses kerja sama kementerian PUPR dan berbagai pihak sangat mendukung upaya normalisasi yang saat ini terus berlangsung,” ujarnya.



“Saya yakin dengan kehadiran bapak Menko PMK menjadi harapan bagi Luwu Utara ditengah keterbatasan untuk bangkit kembali,” lanjutnya.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menuturkan, bahwa kehadirannya bersama Menko PMK ini untuk memberi semangat warga terdampak banjir untuk menegaskan bahwa kami bersama mereka. 

“Tadi juga rapat koordinasi untuk membahas solusi jangka pendek dalam pemulihan dan jangka panjang untuk restorasi hutan, air dan sungai serta menata segala aktivitas terkait keseimbangan untuk meminimalisir potensi bencana,” jelas Andi Sudirman.

Sementara itu, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI,  Muhadjir Effendy menyampaikan, bahwa dukungan penuh dari Pemerintah Pusat terus berjalan.

Seluruh Kementerian di bawah naungan Kemenko PMK terus bergerak mendorong mengatasi seluruh bencana yang ada di Indonesia, salah satunya di Luwu Utara.

“Saya turun kelapangan langsung untuk mengecek apa seluruh kegiatan normalisasi pasca banjir bandang sudah sesuai dengan perencanaan,” ujar Menko PMK, Muhadjir Effendy.

Dirinya berharap diperlukannya normalisasi yang betul-betul matang, serta sinkronisasi.

“Salah satunya hunian permanen, saya sangat mendukung. Lebih baik segera membangun hunian tetap,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini pula, Menko PMK menyerahkan secara simbolis bantuan kepada Bupati Luwu Utara didampingi Wagub Sulsel.(*)



BACA JUGA

SULSEL TODAY