Jangan Khawatir SK Bebas Covid-19 Masuk Makassar Dapat Diperoleh Secara Gratis.

Redaksi

Tuesday, 30 June 2020 | 07:46 Wita


RAGAM.ID, MAKASSAR — Ketentuan wajib Surat Keterangan (SK) Bebas Covid-19 bagi yang hendak datang ke Makassar akan segera diberlakukan.

Pewajiban SK tersebut merupakan upaya Pemerintah Kota Makassar dalam dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 masuk ke Makassar.



Meski diketahui, justru Makassar-lah yang menjadi episentrum penyebaran virus ini di Sulsel.

Namun, kabar gembiranya adalah Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengatakan, bahwa SK tersebut nantinya bisa didapatkan secara gratis. Tanpa dipungut biaya.

Hal tersebut juga sekaligus menepis isu jika pihaknya mengambil untung dalam pemberlakuan kebijakan ini.

“Pembayaran tidak ada, siapa yang kasi isu lagi itu. Tetap gratis, kita tidak ada bayar bayaran di sini,” ungkapnya saat ditemui di Posko Covid-19 Makassar, Senin (29/6/2020).

Kata Rudy, kebijakan yang dikeluarkan Pemkot sebisa mungkin tidak memberatkan masyarakat. Termasuk mengenai SK Bebas Covid-19 ini.

“Kebijakan yang kita ambil atau keputusan di mana risikonya paling kecil dan paling minim yang tidak membebani masyarakat,” jelasnya

Sementara bagi pendatang yang akan masuk ke Kota Makassar diharapkan mengambil SK Bebas Covid-19 ini di tim gugus pada daerahnya masing-masing.

“Anggaplah warga Soppeng yang akan ke Makassar, jika mau ke sini bagaimana caranya supaya dapat surat bebas Covid-19 dari tim gugusnya,” ucap Rudy.

Ia juga menambahkan, bahwa kebijakan untuk memberlakukan SK Bebas Covid-19 ini punya tujuan yang baik. Ialah semata mata untuk menyelamatkan masyarakat dan menekan penyebaran virus yang dimana kini berpusat di Kota Makassar.

“Salah satu faktornya untuk mempersempit penyebaran. Jika berhasil, maka masalah 80% Covid-19 Sulsel akan selesai.

Kalau kita tidak batasi, daerah daerah yang bagus katakanlah seperti Soppeng yang sudah kuning, hijau datang ke Makassar sehat, bergaul pulang sakit,” tegasnya.(*)



BACA JUGA

SULSEL TODAY