Dua Hari Menjabat, Rudy Djamaluddin Ingin Wajibkan Surat Bebas Covid Bagi Pendatang

Redaksi

Sunday, 28 June 2020 | 13:24 Wita


RAGAM.ID, MAKASSAR – Di hari kedua setelah dirinya dilantik menjadi Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin membeberkan keinginannya untuk memberlakukan surat keterangan bebas Covid-19 bagi setiap orang yang hendak masuk Makassar.

“Jadi siapa pun yang masuk Kota Makassar harus punya surat keterangan bebas Covid,” ujar Rudy dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/6/2020).

Rudy menilai penularan Covid-19 sangat dipengaruhi oleh aktivitas para keluar-masuk masyarakat.

“Misal ada yang ke Maros. Dari Maros, dia tidak mematuhi aturan protokol kesehatan, entah terpapar di mana dan kembali ke Makassar membawa virus tanpa ada tanda-tanda. Nah, itu yang kita waspadai,” katanya.

Rudy belum memerinci lebih jauh seperti apa surat bebas Covid-19 yang akan diwajibkan bagi pendatang. Keinginan ini masih sementara dikoordinasikan bersama pihak terkait, seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, TNI, dan Polri.



Selain itu, Rudy membentuk tim percepatan dengan bermuara pada tiga konsep, yakni unsur kepatuhan, unsur kejujuran, dan saling pegang tangan untuk menyadarkan masyarakat. Tiga unsur ini dinilainya penting.

“Jadi kita panggil juga tim dari Unhas, tim epidemiologi yang memang mampu menggambarkan bagaimana status terhadap suatu pandemi atau penyakit yang berdampak pada suatu populasi di masyarakat,” tambah dia.



BACA JUGA

SULSEL TODAY