17 Pegawai Reaktif Covid-19, Unhas Berpotensi Jadi Klaster Baru di Sulsel

Redaksi

Thursday, 18 June 2020 | 22:36 Wita


RAGAM.ID, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin Makassar menggelar rapid test massal setelah sebelumnya ada empat pegawai yang terindetifikasi positif terinfeksi virus corona ( Covid-19). Dari ribuan pegawai yang mengikuti rapid test massal, terdapat 17 di antaranya dinyatakan reaktif.

Ketua Tim Satgas Covid-19 Unhas Budu mengatakan, rapid test massal digelar di Rektorat Unhas, Fakultas Teknik di Gowa, Rumah Sakit Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

“Kalau reaktif itu belum tentu positif. Mereka reaktif karena ada imun lain yang terbentuk. Tapi yang terpenting mereka segera melakukan isolasi mandiri,” kata Budu kepada wartawan, Rabu (17/6/2020) siang.

Budu menambahkan, belasan pegawai yang reaktif akan dirawat di Rumah Sakit Unhas sambil menunggu swab test.

“Jadi jangan takut, Covid-19 ini memang menyebar tapi dapat disembuhkan. Buktinya, 4 pegawai kami yang kita ketahui positif Covid-19 sekarang sudah sembuh,” imbuhnya.



Untuk mencegah penyebaran penularan virus corona di lingkup Unhas, pimpinan kampus mengambil kebijakan dengan mengatur ulang jadwal kerja pegawai.

Kebijakan tersebut diatur dalam surat sdaran Nomor 12144/UN4.1/KP.00.04/2020, yang mengatur sistem kerja tenaga kependidikan untuk mencegah penyebaran Covid-19

Sementara itu, Sekretaris Unhas Nasaruddin mengatakan, dalam surat edaran itu akan ada pembatasan pegawai pada masing-masing unit kerja. Setiap harinya, hanya 50 persen pegawai yang masuk kantor.

“Pimpinan unit diminta mengatur jadwal kerja pegawai. Jadi nanti ada sehari kerja dari kantor, dan sehari kerja dari rumah, secara bergilir,” ujarnya.

Dia mengaku hal tersebut sudah sejalan dengan apa yang diterapkan oleh pihak Kementerian Kesehatan RI “Intinya, kita mengatur agar langkah pencegahan penularan Covid-19 berjalan, dan kinerja juga tidak terganggu. Kita mengambil langkah keseimbangan dan memastikan protokol kesehatan Covid-19 diterapkan di Unhas,” pungkas Nasaruddin.



BACA JUGA

SULSEL TODAY