Efektif Pada Monyet, Vaksin Covid-19 Menuju Produksi Massal di India

Redaksi

Wednesday, 29 April 2020 | 18:09 Wita


RAGAM.ID – Peneliti biotek di berbagai belahan dunia sedang mengembangkan vaksin untuk Covid-19. Beberapa di antaranya telah sukses diujicobakan kepada monyet. Bahkan vaksin ini akan segera diproduksi massal di India dalam beberapa bulan ke depan.

Berdasarkan kabar yang dilansir dari New York Post, Selasa, (28/4). Sinovac Biotech, Perusahaan asal Tiongkok memiliki dua vaksin yang dicobakan kepada delapan monyet dan hasilnya dengan vaksin ini hewan tersebut kebal terhadap virus corona.

“Hasil ujicoba pada hewan ini memberikan kami banyak kepercayaan diri,” ujar Meng Weining, Direktur Senior Sinovac

Sementara itu, Melansir Reuters, Rabu(29/4). Serum Institute of India, produsen vaksin terbesar di dunia, mengatakan bahwa mereka merencanakan untuk memproduksi hingga 60 juta dosis vaksin yang dikembangkan oleh University of Oxford, yang sedang dalam uji klinis di Inggris.

Chief Executive Serum Institute of India, Adar Poonawalla, menjelaskan bahwa meski kandidat vaksin tersebut belum terbukti efektif melawan Covid-19, Serum memutuskan untuk mulai memproduksinya karena telah menunjukkan keberhasilan dalam uji coba hewan dan telah berkembang untuk menguji manusia.



“Mereka adalah sekelompok ilmuwan hebat yang sangat memiliki kualifikasi tinggi (di Oxford) … Itulah sebabnya kami mengatakan kami akan mengikuti ini dan itu sebabnya kami percaya diri,” Kata Adar Poonawalla

Milyader asal India ini berencana untuk memproduksi vaksin tersebut di dua pabriknya di kota Pune barat, India. Dengan menargetkan untuk memproduksi hingga 400 juta dosisĀ  pada tahun depan, jika semuanya berjalan baik.

Ia juga menambahkan, terkait negara mana saja yang akan mendapatkan vaksin tersebut, sepenuhnya ia serahkan pada kebijakan politik pemerintah India.(*)



BACA JUGA

SULSEL TODAY